Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Biospektrum Jurnal Biologi?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulisan (Author Guidelines)

Biospektrum Jurnal Biologi memuat naskah artikel yang berkaitan dengan keilmuan biologi dan terapannya. Naskah yang dimuat adalah naskah yang belum pernah terbit atau tidak sedang proses dalam publikasi jurnal lainnya baik nasional maupun internasional, isi dalam naskah bukan merupakan tanggung jawab redaksi.

Petunjuk Umum Artikel

Artikel yang ditulis harus mengandung komponen-komponen artikel ilmiah (sub judul sesuai urutan), yaitu (a) Judul Artikel, (b) Nama Lengkap Penulis (tanpa gelar), (c) Afiliasi Penulis, (d) Abstrak dan Kata Kunci, (e) Pendahuluan, (f) Metode, (g) Hasil dan Pembahasan, (h) Simpulan, (i) Ucapan Terimakasih, dan (j) Daftar Pustaka. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan jumlah halaman maksimal 10 halaman. Artikel ditulis sesuai template, dengan huruf Times New Roman, font 12 pt, dalam kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan bentuk 2 kolom kecuali pada bagian abstrak.

Penulisan sub judul: dibagian isi artikel (Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, serta Simpulan) ditulis dengan huruf kapital, tebal (Bold) dengan huruf Times New Roman, font 12 pt tanpa menggunakan bullet dan numbering, rata kiri (Align Left). Jarak antar paragraf satu spasi serta terdiri dari 3-7 kalimat.

Tabel dan Gambar:  Tabel dan gambar diletakkan di dalam kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Setiap gambar diberi judul gambar (Figure Caption) di sebelah bawah gambar tersebut dan benomor urut angka Arab diikuti dengan judul gambar, judul gambar ditulis dengan Times News Roman ukuran 12 pt, Centered dan diletakkan di bawah gambar tanpa spasi. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan bernomor urut angka Arab di sebelah atas (Centered) tabel tersebut diikuti dengan judul tabel. Judul tabel ditulis satu spasi jika lebih dari satu baris, rata kanan-kiri, tanpa menggunakan titik di akhir. Judul tabel ditulis dengan Times New Roman ukuran 12 pt. Gambar-gambar harus dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi) dan ukuran garis harus yang tercetak jelas. Tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal diperbolehkan tetapi hanya yang penting-penting saja.

Rumus: Rumus diletakkan simetris pada kolom, diberi nomor di ujung kanan, dalam tanda kurung secara berurutan. Apabila rumus lebih dari satu baris, maka penulisan nomor diletakkan pada baris terakhir.

Penjelasan Struktur Penulisan Naskah:

HALAMAN DEPAN

Judul: Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia maksimal 3 baris (12 pt tebal). Nama penulis (tanpa gelar akademis) (11 pt tebal), dan alamat afiliasi penulis ditulis rata tengah pada halaman pertama di bawah judul artikel (11 pt). Nama latin dan istilah asing lainnya diketik huruf miring. Jarak baris antara judul dan nama penulis, jarak antara alamat afiliasi penulis dan korespondensi e-mail adalah spasi tunggal.  Penulis lebih dari satu diberi nomor sesuai dengan afiliasinya. Penulis dengan afiliasi yang sama diberi angka yang sama. Penomoran ditulis menggunakan superscript.

Abstrak: untuk naskah berbahasa Indonesia, abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dengan penulisan abstrak menggunakan Times New Roman 12 pt, terdiri atas 150-200 kata yang ditulis dalam satu alinea, berisi intisari naskah yang memuat latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil, kesimpulan, dan implikasi hasil riset.  Kata kunci (Times New Roman 12 pt, kata kunci sebanyak 3-6 kata) disusun berurutan menurut abjad. Awal kata kunci huruf kapital dan dipisah menggunakan tanda titik koma (;).  Untuk naskah dalam bahasa Inggris peraturan penulisan abstrak sama dengan naskah berbahasa Indonesia.

HALAMAN ISI

Pendahuluan

Pendahuluan ditulis dengan Times New Roman 12 pt tegak, tanpa penomoran, dengan spasi 1. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam 7 digit, atau sekitar 1 cm dari tepi kiri tiap kolom.

Pendahuluan berisi latar belakang, rasional, dan atau urgensi penelitian. Referensi (pustaka atau penelitian relevan), perlu dicantumkan dalam bagian ini, hubungannya dengan justifikasi urgensi penelitian, pemunculan permasalahan penelitian, alternatif solusi, dan solusi yang dipilih. Dicantumkan juga data-data dari penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan. Cara penulisan sumber dalam teks perlu menunjukkan secara jelas nama author dan sitasi sumber berupa tahun terbit tanpa menuliskan halamannya. Permasalahan dan tujuan, serta kegunaan penelitian ditulis secara naratif dalam paragraf-paragraf. Pendahuluan memuat juga konsep, pustaka yang dapat dijadikan sebagai acuan. Pada akhir pendahuluan diberikan tujuan penelitian.

 

Metode

Metode ditulis dengan Times New Roman 12 pt tegak, tanpa penomoran, dengan spasi 1. Metode berisi pendekatan/jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, subjek penelitian (hewan coba/tanaman uji, atau subjek penelitian lainnya), prosedur, instrumen, dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkaitan dengan cara penelitiannya. Metode penelitian dapat ditulis dalam sub-sub bab, Sub-sub judul tidak perlu diberi notasi, namun ditulis dengan huruf kecil berawalkan huruf kapital, Times New Roman 12 pt bold, rata kiri. Sub-sub bab dapat berbeda, menurut jenis atau pendekatan penelitian yang digunakan. Jika ada prosedur atau langkah/prosedur dapat diberi notasi (angka atau huruf) sesuai posisinya. Metode juga dapat berupa bagan atau skema, dapat juga dituliskan dengan diberi keterangan yang jelas.

 

Hasil

Hasil penelitian disajikan secara jelas dan informatif (bentuk tabel atau gambar). Hasil dapat disajikan dalam bentuk tabel, grafik atau gambar dan dijelaskan dalam bentuk kalimat untuk membaca hasil. Bagian Hasil tanpa ada acuan referensi. Tabel dibuat dengan format tanpa garis vertikal. Kata Gambar dan Tabel pada keterangan gambar dan tabel ditulis menggunakan Times New Roman 12 pt rata kanan-kiri, dicetak tebal. Penulisan Kata “Hasil” menggunakan huruf Times New Roman 12 pt, huruf kapital, dicetak tebal, rata kiri. Sub judul dalam hasil ditulis huruf Times New Roman 12 pt, dicetak tebal, rata kiri, huruf awal setiap kata menggunakan huruf kapital, kecuali kata hubung.

 

 

Pembahasan

Pembahasan menjelaskan apa arti dari hasil yang diperoleh, khususnya mengenai subyek yang ditemui. Pembahasan dibuat dengan menunjukkan apakah hasil relevan dengan harapan atau tidak serta didukung dengan sitasi beberapa hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik penelitian. Pembahasan berisi diskusi yang menghubungkan dan membandingkan hasil penelitian dengan teori/konsep/temuan dari hasil penelitian lain menggunakan acuan primer. Pembahasan harus bermakna tidak sekedar menarasikan (tabel dan gambar), serta mengemukakan implikasi dari hasil penelitian. Penulisan Kata “Pembahasan” menggunakan huruf Times New Roman 12 pt, kapital, dicetak tebal, rata kiri. Sub judul dalam pembahasan ditulis menggunakan huruf Times New Roman 12 pt, dicetak tebal, rata kiri, huruf awal setiap kata menggunakan huruf kapital, kecuali kata hubung.

Simpulan

Simpulan berisi uraian singkat berupa jawaban terhadap permasalahan yang diajukan. Saran (bila ada) didasarkan dari hasil penelitian yang didapatkan, yang ditujukan untuk penelitian selanjutnya. berisikan jawaban dari tujuan penelitian dan bukan merupakan ringkasan hasil. Saran dapat juga berupa implikasi terhadap program dan penelitian lanjutan yang perlu dilakukan sehubungan dengan temuan penelitian atau kesimpulan penulis. Penulisan kata “Simpulan” menggunakan huruf Times New Roman 12 pt, kapital, dicetak tebal, rata kiri.

Ucapan Terimaksih

Bagian ini ditulis jika diperlukan, ditujukan kepada pihak yang berperan penting dalam penelitian, misalnya pihak pemberi dana penelitian dan yang membantu jalannya penelitian (baik instansi maupun perorangan).

Daftar Pustaka

Bagian daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu di dalam artikel. Referensi harus berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah), minimal 80% berasal dari sumber primer yang diterbitkan 10 tahun terakhir. Rasio referensi primer yang digunakan sebaiknya antara 10-20 rujukan. Penulisan referensi mengikuti aturan APA dan manajemen referensi direkomendasikan menggunakan aplikasi “Mendeley”. Penulisan kata “Daftar Pustaka” menggunakan huruf Times New Roman 12 pt, kapital, dicetak tebal, rata kiri. Hanya memuat pustaka yang digunakan dalam teks dan ditulis berurutan secara alfabetis.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.