ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHAHASISWA BARU TIDAK MEMILIH UNIKA WIDYA MANDALA MADIUN
Abstract
ABSTRAK
Banyaknya perguruan tinggi di kota Madiun yang menyebabkan persaingan dalam mempromosikan lembaga untuk menarik perhatian calon mahasiswa. Akan tetapi mahasiswa merupakan suatu bagian yang amat penting dalam sebuah perguruan tinggi, sehingga faktor yang mempengaruhi mahasiswa baru tidak memilih Unika Widya Mandala yaitu Produk, Reputasi Perguruan Tinggi dan Program studi, Biaya Pendidikan, Lokasi, Bukti Fisik, Kualitas Pengajaran, Proses, Promosi, dan Motivasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa baru tidak memilih kuliah di Unika Widya Mandala Madiun. Dari populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah tiga perguruan tinggi yang terdapat di kota Madiun dengan jumlah sampel 97 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan Simple Random Sampling dan accidental sampling. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi statistik deskriptif dan regresi linier berganda dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution versi 17 (SPSS 17).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan mahasiswa baru tidak memilih Unika Widya Mandala Madiun, tetapi memiliki arah hubungan negatif. Sedangkan reputasi perguruan tinggi dan program studi, biaya pendidikan, lokasi, bukti fisik, kualitas pengajaran, proses dan promosi berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan mahasiswa baru tidak memilih Unika Widya Mandala Madiun, tetapi memiliki arah hubungan positif.
Kata Kunci: Marketing Mix, Minat, Analisis Regresi Linier Berganda
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
BIOTIN Unika Widya Mandala Madiun
puskom@widyamandala.ac.id