PERAN ARITMETIKA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., Pratama, F.W., 2019. Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. J. Cendekia J. Pendidik. Mat. 3, 90–103. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Dwi Amalia, A., Mustofa Lestyanto, L., 2021. LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. J. Cendekia J. Pendidik. Mat. 05, 2911–2933. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Fajriah, N., Asiskawati, E., 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT J. Pendidik. Mat. 3, 157–165. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Ferdianto, F., Setiyani, S., 2018. Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat. 2, 37. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Fitriyana, D., Sutirna, 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. J. Educ. FKIP UNMA 8, 512–520. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Friantini, R.N., Winata, R., Permata, J.I., 2020. Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. J. Cendekia J. Pendidik. Mat. 4, 562–576.
Jono Sialungun, 2020. Aritmetika Dalam Proses Pendidikan. 2020 1. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Junaedi, G.S., 2016. KOMUNIKASI PENDIDIK. UG Press, Jakarta.
Kusumaningrum, B., Wijayanto, Z., 2020. Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, J. Mat. Kreat. 11, 136–142. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Mansur, M.A., 2016. Cara Memahami Perilaku Siswa. Sinar Grafika, Jakarta.
Muchtar, D., Suryani, A., 2019. Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul J. Pendidik. 3, 50–57. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Muhammad Ali, R., 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. J. Pendidik. Univ. Garut 8, 28–37. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Nur Azizah, I., 2017. Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial dengan Model Pengembangan Thiagarajan. Numer. J. Mat. dan Pendidik. Mat. 1, 63–72. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Pitcher, T.J., 2020. Perkembangan Sistem Pendidikan nasional. J. Cahaya Mandalika 2. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Rosemary, R., Si, M., Mahdi, S., 2013. Tantangan Implementasi Sistem Pendidikan Berbasis Nilai Islami (SPBNI) di Aceh. J. Pencerahan 7, 16–34. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Sembiring, R.K., 2020. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan tantangannya. J. Math. Educ. 1, 11–16. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Sudrajat, A., 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? J. Pendidik. Karakter 1, 47–58.
Sumiatik, 2020. Perkembangan Aritmetika Dalam Sistem Digital. J. Pendidik. 2. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Syahza, A., 2021. Metodologi Penelitian. UR Press, Riau.
Wulandari, Dantes, N., Antara, P.A., 2020. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa [Open Ended-Based Realistic Mathematics Education Approach to Students’ Mathematical Problem Solving Ability]. J. Ilm. Sekol. Dasar 4, 131–142. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Yosse Andreas Batu-Bara, Z., Dahlia, A., Effendi, L.A., 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Selama Pandemi Covid-19. J. Pendidik. 2. [diaskes pada 24 Juni 2023]
Refbacks
- There are currently no refbacks.