PERAN ARITMETIKA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL

Siti Khadijah Nasution, Winda Winda, Lia Syafitri, Windi Veber Yanti Sembiring

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat menantang bagi siswa, baik bagi mereka yang tidak memiliki ketidakmampuan belajar maupun bagi siswa yang memiliki ketidakmampuan belajar. Pendidikan nasional akan terus berkembang karena tujuan utamanya adalah mencapai kemajuan sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pendidikan saat ini merupakan kunci utama dalam pembangunan bangsa Indonesia dan pendidikan nasional. Aritmetika sosial adalah jawabannya. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah desk research dengan jenis penelitian kuantitatif, dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah desk research/dokumentasi dan analisis data yang ada. Dunia pendidikan, berdasarkan kajian literatur yang dibahas, sangat jelas bahwa pemahaman siswa tentang aritmatika dimungkinkan.

Keywords


Matematika; Aritmatika Sosiall Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., Pratama, F.W., 2019. Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. J. Cendekia J. Pendidik. Mat. 3, 90–103. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Dwi Amalia, A., Mustofa Lestyanto, L., 2021. LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. J. Cendekia J. Pendidik. Mat. 05, 2911–2933. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Fajriah, N., Asiskawati, E., 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT J. Pendidik. Mat. 3, 157–165. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Ferdianto, F., Setiyani, S., 2018. Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat. 2, 37. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Fitriyana, D., Sutirna, 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. J. Educ. FKIP UNMA 8, 512–520. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Friantini, R.N., Winata, R., Permata, J.I., 2020. Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. J. Cendekia J. Pendidik. Mat. 4, 562–576.

Jono Sialungun, 2020. Aritmetika Dalam Proses Pendidikan. 2020 1. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Junaedi, G.S., 2016. KOMUNIKASI PENDIDIK. UG Press, Jakarta.

Kusumaningrum, B., Wijayanto, Z., 2020. Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, J. Mat. Kreat. 11, 136–142. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Mansur, M.A., 2016. Cara Memahami Perilaku Siswa. Sinar Grafika, Jakarta.

Muchtar, D., Suryani, A., 2019. Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul J. Pendidik. 3, 50–57. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Muhammad Ali, R., 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. J. Pendidik. Univ. Garut 8, 28–37. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Nur Azizah, I., 2017. Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial dengan Model Pengembangan Thiagarajan. Numer. J. Mat. dan Pendidik. Mat. 1, 63–72. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Pitcher, T.J., 2020. Perkembangan Sistem Pendidikan nasional. J. Cahaya Mandalika 2. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Rosemary, R., Si, M., Mahdi, S., 2013. Tantangan Implementasi Sistem Pendidikan Berbasis Nilai Islami (SPBNI) di Aceh. J. Pencerahan 7, 16–34. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Sembiring, R.K., 2020. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan tantangannya. J. Math. Educ. 1, 11–16. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Sudrajat, A., 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? J. Pendidik. Karakter 1, 47–58.

Sumiatik, 2020. Perkembangan Aritmetika Dalam Sistem Digital. J. Pendidik. 2. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Syahza, A., 2021. Metodologi Penelitian. UR Press, Riau.

Wulandari, Dantes, N., Antara, P.A., 2020. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa [Open Ended-Based Realistic Mathematics Education Approach to Students’ Mathematical Problem Solving Ability]. J. Ilm. Sekol. Dasar 4, 131–142. [diaskes pada 24 Juni 2023]

Yosse Andreas Batu-Bara, Z., Dahlia, A., Effendi, L.A., 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Selama Pandemi Covid-19. J. Pendidik. 2. [diaskes pada 24 Juni 2023]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.