UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATU ATAP PONCOL

Silviya Erliyana, Gregoria Ariyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan video pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Poncol. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Poncol, semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 siswa. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar ini adalah membuat video pembelajaran yang menarik yang akan diputar saat pembelajaran dilaksanakan. Pada siklus I kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media video sudah cukup terlihat, tetapi karena durasi video yg singkat dan kurang jelas ada beberapa siswa yang belum memahami materi. Dilihat dari sisi siswa, beberapa siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran, dikarenakan guru kurang memberi kesempatan bertanya kepada siswa dan ada siswa yang berbicara dengan temannya bukan tentang pelajaran. Berdasarkan hasil refleksi siklus I upaya meningkatkan hasil belajar yang dilakukan pada siklus II yaitu siswa lebih diberikan kesempatan bertanya dan mengungkapkan pendapat,  siswa dibagikan tablet agar dapat melihat tayangan video secara berulang-ulang dan frekuensi guru keliling dalam memantau jalannya diskusi ditingkatkan agar siswa tidak punya kesempatan membicarakan masalah selain pelajaran.

Keywords


Hasil Belajar; Matematika; Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahma Tisa Nurptatiwi, Sigid Sriwanto & Esti Sarjanti. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung.

Rinajayani. (2013). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IVA SD Bantul Timur Bantul Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKN di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Non Formal, 1(1). https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/318 (diakses Juni 2021)

Tim DIKDAS GTK. (2021). Modul Belajar Mandiri. Jakarta: Direktorat GTK Pendidikan Dasar.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zaky Media. (2013, 29 Juni). Pengertian Hasil Belajar Matematika. http://www.zakymedia.com/2013/06/kajian-teori-hakikat-hasil-belajar.html

------- Guru Berbagi Informasi Pendidikan. (2018). Pengertian Hasil Belajar

Menurut Ahli. Diakses dari https://www.guruberbagi.net/2018/12/pengertian-hasil-belajar-menurut-ahli.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.