KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI REDMI NOTE 10 5G DI ERA PANDEMI COVID -19 (Studi pada Mahasiswa Universitas Tidar)

Tri Yulianingsih, Dian Marlina Verawati, Ivo Novitaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh fitur produk, preferensi konsumen, dan harga terhadap keputusan pembelian produk smartphone Xiaomi Redmi Note 10 5G di era pandemi covid-19 pada mahasiswa Universitas Tidar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimental pretest posttest dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden. Penggunaan metode eksperimen pretest posttest yaitu dengan memberikan perlakuan pada kelompok eksperimen, yaitu pada eksperimen pertama kelompok tidak diberi perlakuan sedangkan eksperimen kedua kelompok telah diberi perlakuan kemudian dibandingkan hasil dari keduanya. Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang mana data primer diperoleh menggunakan kuesioner dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelitian terdahulu. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan analisis regresi linear berganda. Hasil pada eksperimen pertama variabel fitur produk dan harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun variabel preferensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian pada eksperimen kedua menunjukkan bahwa variabel fitur produk, preferensi konsumen dan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan.

This study aims to find out how the influence of product features, consumer preferences, and prices on purchasing decisions for the Xiaomi Redmi Note 10 5G smartphone product in the era of the covid-19 pandemic on Tidar University students. The method used in this study is Experimental pretest posttest with the number of samples in this study as many as 30 respondents. The use of the pretest posttest experimental method is by giving treatment to the experimental group, namely in the first experiment the group was not treated while the second experimental group was given treatment and then the results of the two were compared. The data used in this study used primary and secondary data where primary data was obtained using questionnaires and interviews, while secondary data was obtained through previous research. The data analysis technique in this research is multiple linear regression analysis. The results in the first experiment that product features and price variables partially have no effect on purchasing decisions, but preference variables have a positive and significant effect on purchasing decisions. The results of the second experiment show that the product features, consumer preferences and price variables partially have a positive and significant effect.


Keywords


Fitur Produk; Preferensi Konsumen; Harga; Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Ermalina. 2020. “Pengaruh Fitur Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Pintar.” e-Journal LPMP Imperium 3(1): 11–20.

Fernando, Aldri Dolly, and Riri Mayliza. 2019. “PENGARUH PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKAN SIAP SAJI FRIED CHICKEN PADA D’BESTO DI KOTA PADANG CABANG SITEBA.” : 1–10.

Hamida, Siti, and Desi Anita. 2013. “ANALISIS PERSEPSI CITRA MEREK, DESAIN, FITUR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE SAMSUNG BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS STIE PELITA INDONESIA).” Jurnal Ekonomi 21: 1–20.

Handayani, Tika. 2012. “PENGARUH SIKAP PADA IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Eksperimen Pada Iklan Televisi Di Indonesia Yang Menggunakan Layanan Periklanan Brand Power).” Repository Universitas Indonesia.

Jamil, Moh Abd Wahid Al, N. Rachma, and Afi Rachmat Slamet. 2015. “PENGARUH FITUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE OPPO DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.” e-Jurnal Riset Manajemen: 137–58.

Juwita, and Waode Maratun Shaleha. 2021. “PENGARUH FITUR PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PRABAYAR AS PADA MAHASISWA DAN MAHASISWI DI KOTA KENDARI.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 2(2): 193–202.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12, Jilid 1. Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jilid 2. PT. Indeks.

———. 2016. Marketing Management. 15th ed. Pearson Education, inc.

Laheba, Yitzhak Armando, Willem J.F. Alfa Tumbuan, and Djurwati Soepeno. 2015. “PENGARUH CITRA MEREK, FITUR DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG (Studi Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado).” Jurnal EMBA 3(3): 99–108.

Lolowang, Isye R. A. 2019. “PENGARUH PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH TIPE PREMIUM (Studi Pada Konsumen Kawanua Emerald City Akrland Manado).” Jurnal Riset dan Manajemen 7: 91–110.

Mardiningtyas, Agustina. 2020. “PENGARUH PREFERENSI KONSUMEN DAN FITUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DI KALANGAN GEN Y (Studi Kasus Pada Pembeli Maju Hardware Megastore Madiun).” Jurnal SIMBA.

Nasution, Atika Aini. 2020. “PENGARUH PERSEPSI HARGA, DESAIN PRODUK, DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MITSUBISHI XPANDER (Studi Kasus PT. Nusantara Berlian Motor Medan).” Jurnal Ilmiah Simantek 4(3): 158–66.

Panwar, Diksha. 2016. “CONSUMER PREFERENCE BETWEEN PRODUCT FEATURES AND BRAND ELEMENTS WHILE MAKING PURCHASE DECISION OF TELEVISION : AN IJMT.” International Journal of Marketing and Technology 6(3): 31–42.

Paramita, Cempaka. 2018. “PENGARUH PENGGUNAAN ENDORSER SELEBRITI NASIONAL DAN ENDORSER SELEBRITI GLOBAL DALAM IKLAN PADA.” Bisnis dan Manajemen 12(3): 284–99.

Putra, Putu Agus Wira, and Ni Ketut Seminarni. 2014. “PENGARUH FITUR, LAYANAN PELENGKAP DAN GARANSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayanan Denpasar).” : 2349–62.

Ritonga, Husni Muharram et al. 2018. Manajemen Pemasaran Konsep Dan Strategi.

Saputri, Noviana Dwi, Kurniawati Hasanah, and Rizal Ula Ananta Fauzi. 2021. “PENGARUH SUBJECTIVE NORM, BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK XIOMI.” Jurnal SIMBA.

Sarasi, Vita. 2020. “Motivasi , Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Kosmetik Halal.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 10.

Sari, Hutami Permita. 2016. “PENGARUH CITRA MEREK, FITUR, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi Di DIY).”

Utami, Gandys Marisha. 2018. “PENGARUH MEREK DAN FITUR TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH SMARTPHONE DI YOGYAKARTA DENGAN RASIONALITAS EKONOMI ISLAM SEBAGAI MODERATING.” Jurnal Universitas Islam Indonesia: 1–142.

Wicaksana, Galuh Wahyu. 2019. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, FITUR PRODUK DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL PADA Pt. ANUGERAH PUTRA SIANTAN.” : 34–40.

Widhaningrum, Brigitta. 2017. “ANALISIS ASOSIATIF DAYA TARIK ONLINE SHOP DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Eksperimen.” Repository Universitas Sanata Dharma.

Yuliza. 2019. “Pengaruh Merek, Harga Dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Saintek UIN Sumatera Utara).” Universitas Islam Negeri.




DOI: https://doi.org/10.33508/jrma.v10i2.1117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.