EFEK CUSTOMER BONDING DAN KEPUASAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK SCARLETT DI TONDANO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu pertama untuk mengetahui pengaruh dari Customer Bonding terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano. Kedua, untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano, dan ketiga untuk mengatahui pengaruh Customer Bonding dan Kepuasan Pelanggan secara bersama - sama Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan banyaknya sampel yang akan diteliti adalah 110 orang. Hasil dari penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Customer Bonding terhadap Loyalitas Pelanggan, Artinya, jika Customer Bonding meningkat, maka Loyalitas Pelanggan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan, Artinya, jika Kepuasan Pelanggan meningkat, maka Loyalitas Pelanggan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara Simultan dari Customer Bonding dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano, yang berarti jika Customer Bonding dan Kepuasan Pelanggan ditingkatkan, maka Loyalitas Pelanggan juga akan meningkat.
The purpose of this study, namely first to determine the effect of Customer Bonding on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano. Second, to determine the effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano, and thirdly to determine the effect of Customer Bonding and Customer Satisfaction together on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano. This study uses quantitative methods and the number of samples to be studied is 110 people. The results of this study, namely that there is a partially significant influence of Customer Bonding on Customer Loyalty, that is, if Customer Bonding increases, then Customer Loyalty will also increase. There is a partially significant effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty, that is, if Customer Satisfaction increases, then Customer Loyalty will also increase. There is a simultaneous significant effect of Customer Bonding and Customer Satisfaction on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano, which means that if Customer Bonding and Customer Satisfaction are increased, then Customer Loyalty will also increase.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, E. N. (2018). Pengaruh Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan. dan Pengaruh Customer Bonding Terhadap Loyalitas.
Amaliyah, N. P. dan Sunarti (2018). Analisis Relationship Marketing Terhadap Kepuasaqn Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Volume: 55 No: 1 hal: 224
Alias Deepak, Kanthiah, and Jayakumar. Marketing Manajement. Ke1. Delhi: Educreation Publishing, 2019.
Cross and Smith pengertian customer bonding secara umum https://text-id.123dok.com/document/lzg68e0vq-pengertian-customer-bonding-customer-bonding.html
Hair et al., (2014) Teknik pengambilan sampel.
https://hits.zigi.id/kisah-sukses-felicya-angelista-membangun-bisnis-scarlet-whitening-1677
Machali, I. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
Mardalis, A. (2005). Meraih Loyalitas Pelanggan. Jurnal BENEFIT Vol. 9, No. 2 Bulan Desember
Richard Cross & Janet Smith dalam Umar, (2002:41) Implementasi Customer Bonding
Sugiharto, Y. (2005). Membangun Loyalitas Pelanggan pada Industri jasa. Jurnal VISI Edisi XIV
Sofa. 2008. Kepuasan Konsumen. www.wordpress.com (diakses pada tanggal 6 juni 2008)
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafit, M. (2021). PENGARUH COSTUMER BONDING DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO AVATAR FASHION PEKANBARU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Tse dan Wilton dalam lupiyoadi (2004: 349) Pengertian kepuasaan pelanggan
Ulfah, M., & Afriasih, C. (2011). Analisis Penerapan Strategi Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan Pda Member The Face Shop PVJ Bandung. Analisis Penerapan Strategi Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Member the Face Shop Pvj Bandung, 1–18.
Palendeng, O., Mundung, B. ., & Pontoh, J. (2022). Pengaruh Etos Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Pengrajin Rumah Panggung di Kelurahan Woloan Kecamatan Tomohon Barat . Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.53682/mk.v3i1.3278
Wuryaningrat, N. F., Katuuk, D. A., Kumajas, L. I., & Tuerah, I. J. C. (2021). Millennials' Social Perceptions When Implementing New Habit Adaptations in North Sulawesi. Society, 9(2), 539-556.
Wuryaningrat, N. F., Kindangen, P., Sendow, G., Lumanouw, B., & Kumajas, L. I. (2019). One shot" knowledge transfer: Is it possible?(Empirical study on the Indonesian creative industry). International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(7), 363-385.
DOI: https://doi.org/10.33508/jrma.v10i3.1124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.