ANALISIS PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA KONSUMEN 3 COFFEE DI KOTA MADIUN

Seren Meidia Krisiensi

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna menguji signifikansi pengaruh experiental marketing yang terbagi atas sense experience, feel experience, think experience, action experience, relation experience terhadap minat beli ulang pada konsumen coffee shop 3 coffee di kota Madiun. Dengan jumlah sampel 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Secara parsial dan simultan didapatkan hasil bahwa variabel experiental marketing yang terbagi atas sense experience, feel experience, think experience, action experience, relation experience berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli ulang. Nilai koefisien determinasi ( ) sebesar 0,760 (76%) artinya variabel experiental marketing yang terdiri dari sense experience, feel experience, think experience, action experience, relation experience menjelaskan pengaruh sebesar 76% dan sisanya 24% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian.

This study aims to examine the significance of the influence of experiential marketing which is divided into sense experience, feel experience, think experience, action experience, relation experience on repurchase interest in coffee shop 3 coffee consumers in Madiun city. With a sample of 100 respondents using purposive sampling technique. Data analysis used multiple linear regression. Partially and simultaneously, it was found that experiential marketing variables which were divided into sense experience, feel experience, think experience, action experience, relation experience had a significant positive effect on repurchase interest. The value of the coefficient of determination of 0.760 (76%) means that the experiential marketing variable consisting of sense experience, feel experience, think experience, action experience, relation experience explains the influence of 76% and the remaining 24% is influenced by other variables not included in the study


Keywords


Experiental Marketing; Minat Beli Ulang

Full Text:

PDF

References


Ailudin, M., dan Sari, D. (2019). Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pelanggan One Eighty Coffee Bandung). Jurnal Management, 6(1), 1050-1057.

Alfian, F., dan Hariwan, F. (2016). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang Pada Wiki Koffie Bandung. Jurnal Management, 3(1), 647-654.

Amelia, W.R. (2017). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Pada Rumah Makan Beringin Indah Pematang Siantar. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. Dosen Jurusan Manajemen. Universitas Medan Area.

Arriestonandri, Prima. (2006). Marketing Research for Beginner. Yogyakarta: ANDI.

Engel, James, et.al. (1995). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Febrini, I.Y., Widowati, R., Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiental Marketing Terahadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1),35-54.

Ghozali, Imam. (2014). Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22. Semarang: Undip.

Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Edisi II. Semarang. Undip.

Harfania, Fedika. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Experiental Marketing, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek Sa’i Yogyakarta). Jurnal Fakultas ekonomi, 7(6), 581-591.

Hendarsono, G., dan Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Café Buntos 99 Sidoarjo.Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-8.

Kartajaya, Hermawan. (2006). Hermawan Karataja On Marketing. Jakarta: PT Gramedia.

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.

Kuncoro, Mudrajad. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Lamongi, J., Tumbuan, W. J. F. A., dan Loindong, S. S.R. (2018). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di J. Co Donuts Dan Coffee Manado Town Square Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 3038-3047.

Leni, Yulita. (2017). Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang. Didapat dari https://repository.usd.ac.id/13779/1/132214164.pdf. Diakses pada 23 Oktober 2020. Pukul 19.00.

Mantala, R., dan Firdaus, M. R. (2016). Pengaruh Customer Experince Terhadap Customer Satisfaction Pada Pengguna Smarthphone Android (Studi Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin). JurnalWawasan Manajemen, 4(2) Vol.4, No.2, 153-163.

Priyastama Dan Romie. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS – Pengolahan Data & Analisis Data. Jakarta: Anak Hebat Indonesia.

Priyatno, Duwi. (2012). Spss 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta.

Pulungan, Nevala. (2020). Pengaruh Experiental Marketing Terhadao Minat Beli Ulang Pada Restoran Bansan. Didapat dari https://library.universitaspertamina.ac.id/xmlui/handle/123456789/1115/restricted-resource?bitstreamId=7dde42bc-7ac9-438c-a42c-3acc230d614f. Diakses pada 14 Februari 2021. Pukul 07.00.

Rini, E.S. (2009). Menciptakan pengalaman konsumen dengan experiental marketing. Halaman 15-19. Universitas Sumatera Utara.

Sayuti, M.H., dan Dewi, C.K. (2015). Analisis Pengaruh Cutumer Experience Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Kafe Nom Nom Eatry Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 1932-1940.

Simamora, Bilson. (2004). Panduan RisetPerilakuKonsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanzil, G., Irawan, I., dan Aprilia, A. (2015). Analisa Konsep Sizzling Steak Yang Merupakan Experiental Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Di Restoran Pepper Lunch Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 5 (1), 124-135.

Umar, Husein. (2000). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zaenuri, M., dan Sutanto, A. (2015). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Restoran Gudeg Yu Djum Jl. Kaliurang Km. 5 Koncoran Gg. Sri Katon 2 Yogyakarta). Jurnal Fokus, 5(1), 84-95.




DOI: https://doi.org/10.33508/jrma.v11i1.1160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.