IMPLEMENTASI ANALISIS FISHBEIN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA MUSEUM SUNAN GIRI
Abstract
Pariwisata secara komprehensif melibatkan aspek fisik, sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Potensi pariwisata dapat berupa keindahan alam, suku bangsa, kuliner, serta warisan sejarah. Wisata berbasis sejarah dan budaya menjadi potensi yang terus berkembang. Sebagai implementasi wisata sejarah, terdapat museum yang kurang menjaga eksistensinya sehingga rendahnya jumlah kunjungan. Kondisi tersebut berbeda dengan Museum Sunan Giri yang mengalami perkembangan. Penelitian ini bertujuan mengetahui sikap pengunjung terhadap Museum Sunan Giri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran. Model sikap multi-atribut fishbein digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik analisis data. Kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Kuesioner disebarkan kepada 357 responden dan wawancara terbuka dilakukan untuk mengeksplorasi jawaban kuesioner. Hasil penelitian menjelaskan sikap pengunjung terhadap Museum Sunan Giri adalah positif dengan nilai sebesar 92,629. Nilai sikap tersebut berada di posisi kanan cut of point, diantara rentang setuju dan sangat setuju. Atribut fasilitas lengkap menjadi atribut terbaik (20,338), sedangkan atribut kompetensi SDM memperoleh nilai terendah (16,668). Pengelola Museum Sunan Giri dapat mempertahankan atribut yang memperoleh nilai tinggi dan meningkatkan kualitas atribut yang memperoleh nilai sebaliknya.
Tourism comprehensively involves physical, social, economic, political, and cultural aspects. Tourism potential in the form of natural beauty, ethnic groups, culinary delights, and historical heritage. History- and culture-based tourism have potential that continues to grow. As an implementation of historical tourism, there are museums that do not maintain their existence, so the number of visits is low. This condition is different from the Sunan Giri Museum, which is experiencing development. This research aims to determine visitors' attitudes towards the Sunan Giri Museum. This research uses mixed research methods. The Fishbein multi-attribute attitude model is used in this research as a data analysis technique. Questionnaires, interviews, observation, and documentation were used as data collection techniques. Questionnaires were distributed to 357 respondents, and open interviews were conducted to explore the answers to the questionnaire. The results of the research explain that visitors' attitudes towards the Sunan Giri Museum are positive, with a score of 92.629. The attitude value is in the right position of the cut-off point, between the range of agree and strongly agree. The complete facilities attribute is the best attribute (20,338). Meanwhile, the HR competency attribute obtained the lowest score (16.668). Sunan Giri Museum management can maintain attributes that get high scores and improve the quality of attributes that get the opposite score.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angelia, T., & Santoso, E. I. (2019). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Religi Bukit Surowiti di Kecamatan Panceng, Gresik. Jurnal Planoearth, 4(2), 102. https://doi.org/10.31764/jpe.v4i2.1118
Birawa, C., Jemi, R., Yusdianor, M., Fahmi, A., & Abung, A. (2023). Potensi dan Persepsi Pengunjung Terhadap Museum Kayu di Sampit. HUTAN TROPIKA, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.36873/jht.v18i1.8974
Brigitta Trianita, & Dewantara, Y. F. (2021). Analisis Ketidaktertarikan Pengunjung Datang Ke Museum Perjuangan Kota Bogor. Journal of Tourism Destination and Attraction, 9(3), 50–62. https://doi.org/10.35814/tourism.v9i3.2246
Buchori, A., Sulistyo, A., Yudiandri, T. E., Arifkusuma, M. B., Hadianto, F., Aguilera, E., & Saputra, I. (2023). Inovasi Desa Wisata Dalam Menciptakan Pengelolaan dan Pemasaran Berkelanjutan (Studi Pada Desa Wisata Berprestasi). Journal of Tourism Destination and Attraction, 11(2), 89–100. https://doi.org/10.35814/tourism.v11i2.5392
Creswell, J. W., & Hirose, M. (2019). Mixed methods and survey research in family medicine and community health. Family Medicine and Community Health, 7(2), e000086. https://doi.org/10.1136/fmch-2018-000086
Dellia, P., Mutiatun, S., & Amil, A. J. (2022). Pengembangan Augmented Reality Museum Cakraningrat Bangkalan Berbasis Qr-Codeharsita. Jurnal Teknoinfo, 16(2), 354. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1915
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995a). Consumer Behavior (8rd ed.). The Dryden Press. https://www.researchgate.net/publication/319468976_Consumer_Behavior
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995b). Consumer behavior. Fort Worth : Dryden Press. http://archive.org/details/consumerbehavior0000enge_n4b9
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention and behaviour: An introduction to theory and research (Vol. 27).
Harsita, P. A., & Amam, A. (2019). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Olahan Singkong. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.14710/agrisocionomics.v3i1.2469
Iskandar, & Suryo, D. (2021). Museum Sejarah Purbakala Pleret Sebagai Sarana Pembelajaran Sejarah. Heuristik: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(1), 18–33. https://doi.org/10.31258/hjps.1.1.18-33
Khoirunnisa, A. (2022). Pengembangan Museum Sunan Giri Sebagai Wisata Edukasi Sejarah Di Kabupaten Gresik Tahun 2003-2019. 12(1).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (Seventeenth edition). Pearson Higher Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Fiftheenth Edition). Pearson Education Limited. http://dspace.vnbrims.org:13000/xmlui/handle/123456789/5050
Mahanani, S., & Sulistyo, A. (2023). Analisa Tingkat Kepuasan Pengunjung Teras Malioboro dalam Upaya Menciptakan Pengelolaan Berkelanjutan. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(2), 505–513. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.63202
Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo (Persero). J@TI UNDIP : JURNAL TEKNIK INDUSTRI, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.12777/jati.9.1.1-10
Priatmoko, S., Kabil, M., Purwoko, Y., & Dávid, L. D. (2021). Rethinking sustainable community-based tourism: A villager’s point of view and case study in Pampang Village, Indonesia. Sustainability (Switzerland), 13(6). https://doi.org/10.3390/su13063245
Putri, S. E. (2019). Analisis Sikap Konsumen: Evaluasi dan Kepercayaan Atribut. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14, 159–177.
Shantika, B., & Mahagangga, I. G. A. O. (2018). Dampak Perkembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Pulau Nusa Lembongan. JURNAL DESTINASI PARIWISATA, 6(1), 177. https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2018.v06.i01.p27
Sukmaratri, M. (2018). Kajian Objek Wisata Sejarah Berdasarkan Kelayakan Lanskap Sejarah Di Kota Palembangsuworo. Jurnal Planologi, 15(2), 164. https://doi.org/10.30659/jpsa.v15i2.3071
Sulistyo, A., & Djamil, F. D. (2018). Analisa Sikap Wajib Pajak Terhadap Kinerja Pelayanan Petugas Pemungut Pajak Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD)Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Proceeding SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER, 11.
Sulistyo, A., Noviati, F., Yudiandri, T. E., Rahmawati, A., Suharyono, E., & Kristianto, D. A. (2023). Implementasi Prinsip Pariwisata Berkelanjutan Melalui Pengelolaan Berbasis Masyarakat: Studi Pada Desa Wisata Poncokusumo. Journal of Research on Business and Tourism, 3(2), 95–107. https://doi.org/10.37535/104003220233
Sulistyo, A., Nurhaji, A., Yudiandri, T. E., Ernawati, H., & Buchori, A. (2023). Pengembangan Wisata Alam Unggulan Dalam Menciptakan Pariwisata Berkelanjutan Di Kabupaten Subang (Studi Kasus: Curug Cileat). Jurnal Kepariwisataan, Volume 17, No 1, 1–17. http://dx.doi.org/10.47256/kji.v17i1.193
Sulistyo, A., & Salindri, Y. A. (2019). Analisa Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Sarana Transportasi Dalam Upaya Menciptakan Kawasan Wisata Terintegrasi Di Yogyakarta. Studi Kasus: Taman Sari, Kraton, Titik Nol Kilometer Dan Malioboro. Jurnal Kepariwisataan, 13.
Sulistyo, A., Yudiandri, T. E., Laksono, T. A., & Rusmini, A. (2022). Analysis of Tourist Satisfaction Attitudes in Creating Sustainable Tourism: A Study on Sindoro Sumbing Edu Park. Proceedings of the Postgraduate Research Colloquium (PGRC), 222.
Suworo. (2019). Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Produk Smartphone Samsung Dan Oppo (Studi Kasus Mahasiswa S1 Unpam Kelas Reguler B). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknologi, 3(1), 16. https://doi.org/10.33753/mandiri.v3i1.61
Yakup, A. P., & Haryanto, T. (2021). Pengaruh Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Bina Ekonomi, 23(2), 39–47. https://doi.org/10.26593/be.v23i2.3266.39-47
Yuda, M. R., & Sulistiyo, W. D. (2022). Analisis Spasial Unsur Pariwisata Sejarah Budaya di Kabupaten Sumenep untuk Pembangunan Pariwisata dalam Meningkatkan Perekonomian Daerah. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 520. https://doi.org/10.24843/JUMPA.2022.v08.i02.p08
DOI: https://doi.org/10.33508/jrma.v12i1.1350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.