PENGARUH KEPERCAYAAN (TRUST) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA DI TOKOPEDIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji signifikansi pengaruh positif kepercayaan terhadap keputusan pembelian perlengkapan rumah tangga secara online di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai sebesar 5,725 sebesar 1,66039 dan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka penelitian ini mendukung hipotesis yaitu kepercayaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian online perlengkapan rumah tangga. Artinya apabila kepercayaan yang terdiri dari objek, atribut, dan manfaat yang diberikan baik maka dapat mempengaruhi tingkat keputusan pembelian online perlengkapan rumah tangga oleh pengguna Tokopedia di kota Maadiun.
This study aims to examine the significance of the positive influence of trust on purchasing decisions for household equipment online on Tokopedia. This research uses quantitative methods. The number of samples in this study was set at 100 respondents. Based on the results of testing the hypothesis showing that the value of 5.725 is 1.66039 and has a significance value of 0.000 <0.05, this study supports the hypothesis that trust has a significant and positive effect on purchasing decisions online household equipment. This means that if the trust consisting of objects, attributes, and benefits provided is good, then it can affect the level of purchasing decisions for online household appliances by Tokopedia users in Madiun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Marketplace di Indonesia yang Paling Banyak Pengunjungnya. (2022, January 13).SIRCLO.https://www.sirclo.com/blog/top-10-marketplace-e-commerce-indonesia-yang-paling-banyak-pengunjungnya/,-(diakses 8 Maret 2022,pukul 19:10 WIB)
Agustina, Melinda., Tholok, Fidellis Wato., dan Handry.(2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia (Studi Kasus Wilayah Tangerang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis:Vol.17 (3).
Allen, Deann (2016, Oktober 12). Jenis-Jenis Perlengkapan Rumah Tangga Untuk Dapur Bersih. http://hargamesin.org/jenis-jenis-perlengkapan-rumah-tangga-untuk-dapur-bersih/ -(diakses 10 juni 2022, pukul 20:2)
Ariestonandri, Prima.(2009). Marketing Research For Beginner Panduan Praktis Riset Pemasaran Bagi Pemula. Yogyakarta:Andi.
Ayuningtiyas, Kartika dan Gunawan, Hendra.(2018).Pengaruh Kepercayaan Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal Of Applied Business Administration Vol. 2 (1).
Dajan, Anton. 1996. Pengantar metode statistik jilid II. Jakarta: LP3ES.
Ghozali, Iman (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (edisi ke-9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary.(2008). Perinsip-prinsip pemasaran (edisi 12. Jilid I). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran (edisi 13 Jilid I). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen pemasaran (edisi 3)
Marsyaf, M. I. (2021, January 28). Jumlah Pengguna Internet Sedunia Mencapai 4,66Miliar.SINDOnews.com. https://tekno.sindonews.com/read/316920/207/jumlah-pengguna-internet-sedunia-mencapai-466-miliar-1611820860-(diakses tanggal 5 Maret 2022).
Mowen, Jhon C. dan Minor, Michael.(2002). Perilaku Konsumen (edisi ke-5). Jakarta: Erlangga Badan Penerbit Erlanga.
Nanda. (2021, November 12). 18 Rekomendasi Produk Terlaris di Tokopedia 2022, Ayo Jualan! Blog Komerce. https://komerce.id/blog/rekomendasi-produk-terlaris-di-tokopedia/ -(diakses 8 Maret 2022)
Nistanto, R. K. (2021, February 23). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus202Juta.KOMPAS.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta - (diakses tanggal 5 maret 2022)
Nugroho, R. S. (2021, September 27). Tokopedia Geser Shopee, Ini 10 Marketplace Paling Banyak Dikunjungi Halaman all - Kompas.com. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/27/120500665/tokopedia-geser-shopee-ini-10-marketplace-paling-banyak-dikunjungi?page=all (diakses 2 maret 2022)
Priansa, Donni Juni.2017.Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Rafidah, Inas dan Djawoto.(2017).Analisis Keamanan Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Lazada.Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen: Vol. 6 (2).
Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar.(2008). Perilaku konsumen.(edisi ke-7). Penerbit : PT Indeks.
Sobandi, Agus dan Somantri, Bambang.(2020). Pengaruh kepercyaan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online.WINTER JOURNAL : Vol. 1 (1).
Sugiyono.(2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (edisi ke-3). Bandung: Alfabeta.
Tjakraatmadja, Albertina Tri Netta dan Harjanti, Dhyah. (2018). Pengaruh Reputasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Produk Kosmetik Di Instagram.Jurnal AGORA:Vol. 7 (1).
Tjiptono, Fendy.(2019). Strategi Pemasaran.Yogyakarta:Andi
Tokopedia (2020, Juli 16). 20 Peralatan Rumah Tangga Wajib Standar Untuk Hunian Ideal. https://www.tokopedia.com/blog/peralatan-rumah-tangga-hlv/ -(diakses 10 Juni 2022).
DOI: https://doi.org/10.33508/jrma.v12i1.1363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.