PENINGKATAN KOSAKATA (VOCABULARY) MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII-B DI SMPN 6 BOJONEGORO
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang perlu dikuasai oleh peserta didik di Indonesia. Elemen yang penting dalam penguasaan bahasa Inggris adalah dimilikinya perbendaharaan kosakata yang cukup. Kosakata yang cukup akan memfasilitasi peserta didik dalam memahami dengan benar apa yang mereka baca dan dengar. Di SMPN 6 Bojonegoro, khususnya para peserta didik di kelas VII-B mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan karena mereka tidak memiliki perbendaharaan kata yang cukup. Keterbatasan kosakata ini juga mempengaruhi mereka dalam memahami arti kalimat-kalimat dalam teks yang mereka baca. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, peserta didik dapat diperkenalkan pada bermacam-macam kosakata melalui metode yang berbeda-beda, salah satunya dengan menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VII-B. Media audiovisual membantu peserta didik untuk mempermudah proses penguasaan kata-kata dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Peserta didik menjadi lebih memahami setelah melihat contoh benda riil dan cara mengucapkan kata bahasa Inggrisnya dari benda tersebut dengan tepat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.