PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PEMANASAN GLOBAL MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X3 DI SMA NEGERI 19 SURABAYA

Ayu Wanvirgia Dineng Wilany, Nana Petty Puspitasari, Elisabeth Pratidhina

Abstract


Kegiatan pembelajaran di kelas hendaknya dapat mengakomodasi keragaman kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan dan strategi yang dibuat oleh guru untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang dapat mengakomodasi karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi pada penelitian ini dikhususkan pada pengkategorian kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan aspek profil belajar peserta didik yaitu gaya belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan meliputi penyusunan dan implementasi diferensiasi konten dan proses berdasarkan gaya belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Adapun masing-masing tahapan dalam setiap siklus yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 di kelas X3 SMA Negeri 19 Surabaya. Subjek penelitian ini berjumlah 36 peserta didik. Berdasarkan analisis ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik, persentase ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 58,33% dan naik menjadi 80,56% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X3 SMA Negeri 19 Surabaya pada materi Pemanasan Global.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.