PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BAGI SISWA KELAS 7 SMPN 1 TURI LAMONGAN

Alvin Khusnia, Achmad Shofwan, Johanes Leonardi Taloko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur. Penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Turi Lamongan pada kelas 7G tahun akademik 2022/2023. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara bersama guru bahasa Inggris, peserta didik memiliki kesulitan untuk menyusun langkah-langkah dalam teks prosedur secara runtut dan ketika proses menulis peserta didik seringkali menerjemahkan secara langsung dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris, sehingga makna tulisan tidak dapat dipahami oleh pembaca. Penulis menggunakan teknik Mind Mapping dalam proses pramenulis agar peserta didik dapat lebih mudah menyusun teks prosedur secara runtut dan tepat. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata pretest 71,96 menjadi 74,9 pada posttest siklus 1. Hasil nilai rata-rata siklus 1 menunjukkan bahwa peserta didik belum mampu mencapai nilai ketuntasan minimum yaitu 75, sehingga penulis melanjutkan penelitian pada siklus 2 dan mendapatkan hasil yang signifikan yaitu 81,96. Dengan demikian, teknik Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur bagi peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.