PENINGKATAN MINAT BELAJAR FISIKA MATERI GELOMBANG BUNYI MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 12 SURABAYA

Hidayatul Fitriya, Samuji Samuji, Tri Lestari

Abstract


Salah satu tujuan pembelajaran pada materi Gelombang Bunyi adalah peserta didik mampu memahami subbab Taraf Intensitas Bunyi dan Efek Doppler dengan baik. Namun, tujuan tersebut menjadi salah satu masalah yang sulit bagi peserta didik di kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 12 Surabaya. Hal ini dikarenakan kurangnya minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Fisika di mana pembelajaran masih menggunakan metode ceramah—peserta didik yang memiliki minat belajar pada mata pelajaran Fisika hanya sekitar 31%. Hal ini diakibatkan beberapa faktor, seperti penerapan pembelajaran konvensional maupun pembelajaran yang belum mampu mengakomodasi kebutuhan serta karakteristik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar fisika materi gelombang bunyi: taraf intensitas bunyi dan efek doppler melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK). Hasil dari penelitian ini adalah pada siklus I, peneliti menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan metode Problem Based Learning (PBL) dan didapatkan bahwa minat belajar peserta didik meningkat menjadi 53%. Pada siklus II, pembelajaran berdiferensiasi digabungkan dengan metode Project Based Learning (PjBL) dengan hasil 78% peserta didik mengalami kenaikan minat belajar. Kesimpulan akhir dari penelitian ini, pembelajaran berdiferensiasi yang digabungkan dengan PBL dan PjBL berjalan kondusif dan tepat sasaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.