PENERAPAN STRATEGI TEAM-PAIR-SOLO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 1 JATIREJO MOJOKERTO

Lifatur Rohmah Yunita, Ika Afriliana, Johanes Leonardi Taloko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Jatirejo Mojokerto pada materi Asking and Giving Instructions/Directions menggunakan penerapan strategi Team-Pair-Solo. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIIC SMP Negeri 1 Jatirejo Mojokerto, yang berjumlah 32 orang, yang terdiri dari 14 siswa laki – laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK), di mana penelti bekerja sama dengan kolaborator yakni guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris pada kelas VII C SMP Negeri 1 Jatirejo Mojokerto. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Untuk siklus pertama dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan, sedangkan untuk siklus ketiga terdiri dari satu pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, dan juga tes akhir pada setiap siklus. Hasil belajar peserta didik dari mulai Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sekitar 18,7%, dan untuk dari Siklus II ke Siklus III mengalami peningkatan sekitar 9,4%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kemampuan membaca peserta didik pada materi Asking and Giving Instructions/Directions dapat ditingkatkan dengan menggunakan penerapan strategi Team-Pair-Solo di kelas VII C SMP Negeri 1 Jatirejo Mojokerto.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.