PENERAPAN GAME-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII DALAM MENDESKRIPSIKAN GEDUNG SEKOLAH DI SMP NEGERI 53 SURABAYA
Abstract
Kosakata merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai dalam mempelajari suatu bahasa. Tanpa kosakata, siswa tidak akan mampu memahami apa yang diucapkan atau ditulis oleh orang lain. Dengan kata lain, hal ini dapat menghambat pemahaman dan produksi bahasa. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kosakata siswa adalah melalui penerapan Game-based Learning. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kosakata siswa dalam mendeskripsikan gedung sekolah melalui penerapan Game-based Learning; dan (2) mengidentifikasi persepsi siswa terhadap penerapan Game-based Learning untuk meningkatkan kosakata siswa dalam mendeskripsikan gedung sekolah. Penelitian ini menggunakan tahapan Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kosakata yang berupa pretest dan post-test, checklist observasi, dan kuisoner tertutup. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan SPSS untuk melakukan Uji-T guna mengetahui peningkatan yang signifikan dan analisis statistik deskriptif untuk menghitung frekuensi dan persentase perilaku dan persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kosakata siswa adalah signifikan (p value = <.001), dan sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap penerapan Game-based Learning untuk meningkatkan kosakata dalam mendeskripsikan gedung sekolah. Katakunci: Game-based Learning; Kosakata; Persepsi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.