PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GERAK LURUS: GERAK LURUS BERATURAN DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN MELALUI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI 2 DI SMA NEGERI 5 SURABAYA

Anindya Ayu Putri1, Retno Pangastuti, G. Budijanto Untung

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi gerak lurus pada peserta didik kelas XI 2 SMA Negeri 5 Surabaya melalui pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus pembelajaran, masing-masing siklus menggunakan kerangka lesson learn, yaitu: Plan (Perencanaan), Do (Pelaksanana Tindakan), See (Observasi dan Refleksi). Data yang diperoleh bersifat kuantitatif (valid, reliabel, dan objektif) dan kualitatif (kredibel) yang diverifikasi oleh guru pamong. Hasil yang didapatkan dari penelitian pada siklus 1 menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 66,39. Setelah diberikan tindakan pada siklus 1, persentase ketuntasan di kelas XI 2 pada mata pelajaran fisika meningkat menjadi 41,67% dengan jumlah peserta ddiik sebanyak 15 peserta didik yang memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan pada siklus 2, persentase ketuntasan di kelas XI 2 pada mata pelajaran fisika meningkat menjadi 83,33% dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 peserta didik. Data menunjukkan adanya kenaikan yang cukup signifikan dengan total kenaikan dua kali lipat jumlah peserta didik telah memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran materi gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang efektif dan efisien dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Kata Kunci: Hasil Belajar, Gerak Lurus, Pendekatan Culturally Responsive Teaching

Refbacks

  • There are currently no refbacks.