MEMAHAMI PENGGUNAAN KATA KERJA LAMPAU MELALUI PERMAINAN VERB-BINGO DALAM TEKS PERSONAL RECOUNT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan verb-bingo meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan kata kerja lampau dalam membaca teks personal recount. Strategi permainan Verb-bingo diterapkan dalam pengajaran bahasa Inggris pada topik teks recount dan berfokus pada kata kerja lampau. Ini memberikan aktivitas menarik sebagai bantuan untuk memahami kata kerja. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dalam dua pertemuan: 21 Agustus 2023 dan 24 Agustus 2023; Siklus II dilaksanakan juga dalam dua pertemuan yaitu tanggal 28 Agustus 2023 dan 31 Agustus 2023. Subyek penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Surabaya kelas VIII E yang berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan berasal dari tes, dan checklist observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan verb-bingo berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap past verbs dalam teksrecount. Nilai rata-rata siswa sebelum menerapkan strategi ini adalah 56,56. Kemudian nilai rata-rata siklus I sebesar 77,19 dan siklus II sebesar 84,74. Nilai rata-rata tersebut membuktikan bahwa kriteria keberhasilan tercapai dengan baik setelah penerapan strategi. Kata Kunci : permainan verb-bingo, kata kerja lampau, teks personal recount
Refbacks
- There are currently no refbacks.