PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 12 SURABAYA
Abstract
Motivasi belajar merupakan proses internal yang mendorong peserta didik untuk melakukan kegiatan atau tugas-tugas akademik untuk mencapai tujuan belajar. peserta didik yang termotivasi pada suatu mata pelajaran, maka peserta didik tersebut akan memperoleh nilai atau hasil belajar yang memuaskan pada pelajaran tersebut. Guru memiliki peran penting dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menyusun strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar materi pengukuran dalam kerja ilmiah pada peserta didik kelas X-7 di SMAN 12 Surabaya melalui model problem-based learning (PBL) dengan pendekatan teaching at the right level (TaRL). Penelitian tindakan ini berlangsung selama 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan motivasi belajar sebesar 69 % dengan kriteria cukup, pada siklus 1 adanya peningkatan motivasi belajar menjadi 73 %, dan pada siklus 2 adanya peningkatan motivasi belajar menjadi 75 %. Peserta didik merasa senang berdiskusi secara kelompok dan juga senang apabila dikelompokkan bersama peserta didik yang memiliki level kemampuan yang sama. Dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa model PBL dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Katakunci: motivasi belajar; PBL; TaRL
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.