IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 12 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-8 di SMAN 12 Surabaya. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama II siklus. PTK ini memiliki tahapan diantaranya: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes. Tes yang dilakukan berfungsi untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi besaran dan pengukuran sub materi hakikat fisika dan metode ilmiah. Teknik tes yang digunakan pada penelitian ini yakni tes diakhir pembelajaran baik pada siklus I dan II. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes kognitif berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif terkait dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pra siklus sebesar 34 dengan ketuntasan sebesar 4 %, pada siklus I didapatkan nilai rata-rata sebesar 78,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 63 %, dan pada siklus II didapatkan nilai rata-rata sebesar 80,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 89 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.