PERENCANAAN KARIR DITINJAU DARI KONSEP DIRI DAN POTENSI DIRI

Cicilia Sekar Agustie, Bernardus Widodo

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  konsep  diri  dan potensi diri  terhadap perencanaan karir. Sampel penelitian berjumlah 150 siswa dengan menggunakan Cluster  Sampling. Data diperoleh menggunakan metode angket berbentuk skala konsep diri, skala potensi diri, dan skala perencanaan karir. Hipotesis yang diajukan yaitu: (1) konsep   diri   berpengaruh   signifikan   terhadap perencanaan karir siswa; (2) potensi diri berpengaruh signifikan terhadap perencanaan karir siswa, dan (3) konsep diri dan potensi diri berpengaruh signifikan terhadap perencanaan karir siswa. Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian korelasi memiliki keeratan kuat dengan R sebesar 0,546, koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,298, hal ini berarti konsep diri dan potensi diri memiliki pengaruh sebesar 29,8% terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMAN 1 Jogorogo Ngawi Tahun Ajaran 2017-2018.

Kata kunci: konsep diri, potensi diri, perencanaan karir

Full Text:

28-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.