ANALISIS SOSIOLINGUISTIK PADA STATUS FACEBOOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PSIKOLOGIS REMAJA
Abstract
Tujuan penelitian yang berjudul Analisis Sosiolinguistik Pada Status Facebook dan Pengaruhnya Terhadap Psikologis Remaja adalah (1) untuk memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi pikologis remaja dalam membuat status facebook (2) untuk memaparkan potensi yang dihasilkan remaja setelah membuat status facebook (3) untuk mendeskripsikan ragam bahasa baru yang dihasilkan remaja. Dalam melakukan analisis, peneliti mengumpulkan data penelitian dengan metode penelitian kepustakaan. Peneliti juga menggunakan metode deskriptif karena metode ini adalah metode yang sesuai untuk membahas masalah-masalah dalam penelitian ini. Metode ini menggunakan beberapa langkah yaitu mengumpulkan data, menyusun data, mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikan data. Data primer diperoleh dari sample berupa kuisioner yang disebar pada responden di rentang usia 16-18 tahun.
Teori yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teori Sosiolinguistik dari dan Big Five Theory (Teori Psikologi). Selain itu, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang nilai moral yang tercermin pada karakteristik remaja dalam status facebook. Adapun aspek- aspek yang dibahas adalah sebagai berikut (1) Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi psikologis remaja dalam membuat status facebook (2) Potensi positif dan ide kreatif oleh remaja setelah membuat status (3) Munculnya ragam bahasa baru yang dapat dikembangkan sebagai eksistensi perkembangan bahasa remaja.
Kata Kunci: sosiolinguistik, facebook, psikologis, remaja
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
LOKASI
Humaniora Scientia secretariat: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Kampus Madiun. Jl. Manggis No.15-17, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63131. Copyright © 2019 Humaniora Scientia.
HUMANIORA SCIENTIA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License