ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK ST BONAVENTURA 1 MADIUN DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI TIPE DIMENSI MEMAHAMI INFORMASI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika dan rendahnya kemampuan siswa SMK St Bonaventura 1 Madiun dalam memahami informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa SMK St Bonaventura
1 Madiun dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan kriteria Watson ditinjau tipe dimensi memahami informasi, penyebab, serta hipotesis solusi untuk mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK Santo Bonaventura 1 Madiun pada bulan Januari 2022. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, tes, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah: (1) kuisioner dimensi memahami informasi, (2) tes matematika, (3) wawancara. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa hampir semua tipe kesalahan kriteria Watson dilakukan oleh siswa kelas X SMK St Bonaventura 1 Madiun dalam menyelesaikan soal statistika, baik pada siswa tipe sensing maupun siswa tipe intuition kecuali tipe kesalahan data tidak tepat. Penyebab terjadinya kesalahan pada siswa tersebut adalah; (1) kurang memahami materi, bahasa dalam matematika, serta variabel pada rumus matematika, (2) kurang teliti, (3) tidak memahami maksud soal, (4) terburu-buru, (5) kurang memahami penulisan langkah penyelesaian soal, (6) kurang memahami cara dan pentingnya menuliskan kesimpulan, (7) tidak menjawab soal dengan sistematis, (8) ragu-ragu, (9) kurang menguasai logika matematika, operasi dasar matematika, dan ide aljabar, (10) tidak memanajemen waktu dengan baik (11) kurang bertanggung jawab, (12) tidak percaya diri, (13) tidak belajar, (14) bingung menuliskan pemikirannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 366. diakses dari https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.365-372 tanggal 17 November 2021.
Ghufron, M. Nur. (2013). Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Haqqiasmi, Irul. (2016). Pilihlah Pekerjaan yang anda Cintai, Maka Anda Tidak Akan Merasa Bekerja Sepanjang Hidup. Surabaya: Persona. Kemendikbud (2019). Hasil PISA Indonesia 2018:Akses Makin Meluas Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-
- akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas tanggal 17
November 2020.
Rahmawati, Liya. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMK Hasyim Asy`ari Bojong dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aplikasi Barisan Kelas X Berdasarkan Teori Watson. Walisongo Institutional Repository. 23 - 26. Diakses dari https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9898/1/Skripsi%20lengkap.pdf tanggal 28 November 2021
Sumadiasa, I. Gede. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas.
Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 184-207. Diakses
dari https://jurnal.fkip.untad.ac.id tanggal 28 November 2021
Zaman, Saeful., Abdillah, Sandi. Ibrahim. (2009) Myres-Briggs Type Indicator: Cara Menggali Potensi Diri Untuk Meraih Kesempatan Kerja. Jakarta: Visimedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.