ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DAN STRATEGI PEMECAHAN SOAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Monika Elvie Besa, Rudi Santoso Yohanes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai tingkatan literasi matematika siswa dan strategi yang digunakan oleh siswa untuk memecahkan soal berdasarkan dengan gaya belajar siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Madiun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes literasi matematika dan wawancara tak berstruktur. Teknik analisis yang dilakukan pada angket gaya belajar adalah analisis koreksi hasil, analisis penskoran, dan analisis pengambilan keputusan. Teknik analisis data untuk tes literasi matematika adalah analisis koreksi hasil, analisis strategi pemecahan soal dan analisis penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapat bahwa siswa dengan gaya belajar auditorial berada pada level 5 dan strategi yang digunakan oleh siswa auditorial dalam menyelesaikan soal adalah berpikir logis untuk level 1 dan level 2, strategi mencoba-coba untuk level 3 dan strategi menemukan pola untuk level 4 dan level 6. Siswa dengan gaya belajar visual berada pada level 5 dan strategi yang digunakan oleh siswa visual dalam menyelesaikan soal adalah berpikir logis untuk level 1, level 2 dan level 5, serta strategi menemukan pola untuk level 3, level 4 dan level 6. Siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada level 5 dan strategi yang digunakan oleh siswa visual dalam menyelesaikan soal adalah berpikir logis untuk level 1, level 2 dan level 4, serta strategi menemukan pola untuk level 3, level 5 dan level 6.

Keywords


Literasi Matematika; Strategi Pemecahan Soal; Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, M., Rezaee, A., Abdullah, H., & Singh, K. (2011). Learning Style and Overal Academic Achiement in a Specific Educational System. International Journal of Humanities and Social Science , 143-152.

Adnan, M. 2013. Learning Style and Mathematics Achievement Among High Performance School Students. World Applied Sciences Journal, 28(3): 392- 399.

Aljaberi, N.M. 2015. University Student’s Learning Styles and Their Ability to Solve Mathematical Problem. International Journal of Business and Social Science, 6(4): 152-165

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamzah. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Khairul, T. 2018. Analisis Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi himpunan di kelas VII MTsN 2 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

OECD. 2019. Programme For Internasional Student Assesment (PISA) Result From PISA 2018. Indonesia - Country Note - PISA 2018 Results, 1-10.

Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy. Are Ware Able to Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, 89-100.

Puspitasari, A. 2015. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas X MIPA 5 SMAN 1 AMBULU Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jember: Universitas Jember. Diakses dari http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63479 tanggal 11 Oktober 2021

Ruslim, M. D. 2020. Ciri-ciri Gaya Belajar. Twitter : Yayasan Pendidikan Astra. Twitter. Diakses dari : https://mobile.twitter.com/ypamdr_astra/status/1228168646603575298?lang=ar-x-fm tanggal 18 Desember 2021

Sari, N., & Hera, R. 2015. Literasi Matematika : Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 713 – 720 Diakses dari http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnas matematika/files/banner/PM-102.pdf tanggal 10 Oktober 2021

Suwanto, Aisyah, N., & Santoso, B. 2019. Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika SMA Negeri 1 Indralaya. Cakrawala, 19(1), 139 – 148.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. 2017. Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta jurnal tadris matematika , 222-240. Diakses dari

https://www.jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/121 tanggal 10

Oktober 2021

Wati, M., Sugiyanti, & Muhtarom. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang. Imajiner : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 97-106. Diakses dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/4456 tanggal 13

Oktober 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.