resep makanan

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBANTUAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Maria Novia Citra Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui efektif/tidaknya pembelajaran menggunakan alat peraga berbantuan adobe flash dibanding dengan pembelajaran langsung dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII, (2) Untuk mengetahui efektif/tidaknya pembelajaran menggunakan alat peraga berbantuan adobe flash dibanding dengan pembelajaran langsung dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SMP Negeri 1 Ngawi dengan populasi kelas VII. Sedangkan sampel kelas VII B dan VII C. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes (angket). Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam metode tes adalah tes prestasi belajar , sedangkan metode non tes adalah angket motivasi belajar matematika. Tes prestasi belajar digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam materi peluang, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa. Kedua instrumen penelitian sebelum diujicobakan terlebih dahulu divalidasi.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa banyak siswa pada kelas eksperimen (n1)= 34 dan kelas kontrol (n2)= 33 dengan rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen () =75,05882 dan simpangan baku= 9,8625 sedangkan rata-rata prestasi belajar pada kelas kontrol ()= 48,4242 dan simpangan baku = 13,1886. Berdasarkan uji t disimpulkan pembelajaran menggunakan alat peraga berbantuan adobe flash efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII. Pada rata- rata motivasi belajar matematika pada kelas eksperimen ()= 21, 2647 dan simpangan baku= 14,0072 sedangkan pada kelas kontrol ()= 22, 4545 dan simpangan baku = 13,8658. Berdasarkan uji statistika dengan uji t disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan alat peraga berbantuan adobe flash tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.