resep makanan

UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 14 MADIUN

Marlince Pati Bebe, Gregoria Ariyanti

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis siswa dibagi menjadi dua bagian yaitu komunikasi lisan dan nonlisan. Komunikasi lisan berarti siswa dapat mengkomunikasikan ide-ide, gagasan, simbol dan konsep matematika secara langsung (berbicara) antara siswa dan siswa, siswa dan guru. Komunikasi nonlisan berarti siswa dapat mengekspresikan ide matematika dalam bentuk tabel, gambar, diagram dan grafik, serta menghubungkan benda-benda nyata seperti simbol dan notasi kedalam gambar, grafik, tabel dan diagram.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa kelas VIII C SMP Negeri 14  Madiun pada mata pelajaran matematika pokok bahasan Sistem Koordinat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini, merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII C SMP Negeri 14 Madiun dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi dan catatan lapangan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa secara nonlisan pada siklus I Sebesar 49,21 dan siklus II sebesar 56,25 sedangkan persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 36,84% dan siklus II sebesar 61,11%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis secara nonlisan mengalami peningkatan namun belum mencapai indikator yang  ditentukan, (2) Skor rata-rata total kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan pada siklus I sebesar 2,43 dengan kategori cukup baik dan siklus II sebesar 2,90 dengan kategori baik, dan Skor rata-rata total hasil pengamatan KBM pada siklus I sebesar 2,70dengan kategori baik dan siklus II sebesar 3,04 dengan kategori baik.

Keywords


Komunikasi Matematis; Pembelajaran Kooperatif; Teams Games Tournaments

Refbacks

  • There are currently no refbacks.