EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN MANIPULASI ALJABAR SISWA SMP

Ruth Faradella Meylianna Sitanggang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah model learning cycle 7E yang baik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika dan (2) apakah model learning cycle 7E yang baik dapat meningkatkan kemampuan manipulasi aljabar siswa SMP. Kemampuan manipulasi aljabar adalah kemampuan untuk mengubah bentuk aljabar sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan tes kemampuan manipulasi aljabar. Instrumen penelitian tersebut telah diuji validitas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 pembelajaran, setiap pembelajaran 2 kali pertemuan. Pembelajaran dilaksanakan tanggal 3 sampai 17 April 2018. Berdasarkan hasil uji hipotesis prestasi belajar matematika pada pembelajaran 1 dan 2 menggunakan uji t dua sampel berpasangan dengan α = 0,05 diperoleh model learning cycle 7E dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Sedangkan untuk tes kamampuan manipulasi aljabar dari pembelajaran 1 dan 2 juga menggunakan uji t dua sampel berpasangan dengan α = 0,05 diperoleh model learning cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan manipulasi aljabar matematika siswa. Selain itu, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran juga dinilai dengan menggunakan pedoman observasi kemampuan guru. Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru didapatkan rerata nilai kemampuan guru sebesar 81,1 yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa efektivitas model learning cycle 7E dapat meningkatkan prestasi belajar matematika dan kemampuan manipulasi aljabar siswa SMP.

Keywords


Manipulasi Aljabar; Prestasi; Learning cycle 7E

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.