ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BEBICARE BUBUR BAYI ORGANIK OUTLET MADIUN

Munir Sukma Pamungkas, Dyah Kurniawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi pengaruh positif brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang membeli produk Bebicare Bubur Bayi Organik Outlet Madiun. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Pengumpulan data responden menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda yang diolah dengan program SPSS 17. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa brand awareness dan brand image berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Semakin baik brand awareness dan brand image yang diberikan kepada pelanggan, maka akan dapat meningkatkan keputusan pembelian produk Bebicare Bubur Bayi Organik Outlet Madiun.

The purpose of this study was to examine the significance of the positive influence of brand awareness and brand image on purchasing decisions. The population in this study were mothers who bought Bebicare products from Madiun Outlet Organic Baby Porridge. The sample used was 100 respondents using non-probability sampling technique. Collecting respondent data using a questionnaire. The data analysis technique used multiple linear regression which was processed with the SPSS 17 program. The results of hypothesis testing showed that brand awareness and brand image had a significant and positive effect on purchasing decisions. The better brand awareness and brand image given to customers, the better the decision to purchase Bebicare Bubur Bayi Organik Outlet Madiun products.


Keywords


brand awareness; brand image; keputusan pembelian; bebicare

Full Text:

PDF

References


Alma, H. B. (2009). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfa Beta.

Andhini, S. (2017). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image Dan Media Komunikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jaringan 4G LTE PT. TELKOMSEL Studi Kasus Mahasiswa Universitas Pancasila.

Andrologi, F., & Sugiarto, Y. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty dan Dampaknya Terhadap Brand Equity. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Baha, G. K. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Fasilitas, dan Kualitas Terhadap Perilaku Konsumen dalam Membeli Sebuah Produk. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Basu, S.D ., dan T. Hani Handoko. (2004). Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen (Edisi Ke-3). Yogyakarta: Liberty.

Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2017). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. PT Rajagrafindo Persada, Depok.

Chandra, R. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Pembelian Sepatu Basket Merek Under Armour Di Bandar Lampung.

Daryanto & Setyobudi, I. (2014). Pelanggan dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Gadau, M. (2016). Pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas konsumen. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS.

Haris, R., Kurniawan, B., & Zia, K. (2016). Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Merek Rabbani di Kota Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 16(2), 75–90.

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut (Word Of Mouth Marketing) Yogyakarta. Media Press.

Hidayatika, I. (2015). Pengaruh kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Rabbani di toko Asya Darussalam Semarang. UIN Walisongo.

Hurdawaty, R., & Madaniyah, U. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Domino’s Pizza Lippo Karawaci Utara. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 66-79.

Kartajaya, H. (2007). Memenangkan Persaingan Dengan Segitiga Positioning. Diferensiasi Dan Brand, Bandung: Mizan Pustaka.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kuliah, D. S. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung. Satu Nusa.

Mujiroh. (2005). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pasar Swalayan Indo Risky Purbalingga.

Munica, C. M., & Rachmi, A. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 232-237.

Nurdiansyah, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Merek Adidas Di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Manajemen (JMB) Universitas Lampung.

Romadhoni, M. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. (Tesis, Program Persyaratan Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta). Didapat dari https://core.ac.uk/display/33511215

Sangadji, E., Sopiah, M. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Schiffman, L., Leslie L., & Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Diterjemahkan oleh: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.

Sekaran, U. (2009). Research Methods for Bussines : Metodelogi Penelitian untuk Bisnis (4th ed.). Salemba Empat.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulhan. (2009). Panduan praktis SPSS Untuk Manajemen (Keuangan, SDM, Pemasaran). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Malang.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1).

Surachman, S. A. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek. Malang: Bayumedia Publishing.

Sutisna dan Pawitra. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Wicaksono, B. R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Yang Dimediasi Oleh Minat Beli (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Provider Tri Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta),”. Skripsi Yang Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33508/jrma.v10i3.1134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.