PENGARUH STORE ATMOSPHERE, LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Empiris Pada Pengunjung Samudra Supermarket Madiun)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh store atmosphere, lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian pada Samudra Supermarket Madiun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Teknis analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel store atmosphere, lokasi dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi ( ) sebesar 68,2% artinya variabel store atmosphere, lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian menjelaskan pengaruh sebesar 68,2% sedangkan sisanya sebesar 31,8% yang dipengaruhi oleh variabel lain.
This study aims to examine the significance of the effect of store atmosphere, location and price on purchasing decisions at Samudra Supermarket Madiun. The sample used in this study were 100 respondents with purposive sampling method. The data analysis technique uses multiple linear regression. The results showed that store atmosphere, location and price variables had a significant positive effect on purchasing decisions. The coefficient of determination (R ^ 2) of 68.2% means that store atmosphere, location and price variables on purchasing decisions explain the effect of 68.2% while the remaining 31.8% is influenced by other variables.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agasta dan Samboro. (2018). Pengaaruh Store Atmosphere dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Aster Malang. Malang. Politeknik Negeri Malang.
Anjar. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Planet Toserba Surabaya). Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Arofah, Djelani, Khoirul. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Pupuk Bawang Caffe & Dinning Kota Wisata Batu). Malang. Universitas Islam Malang.
Buchari, Alma. (2011). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabet.
Data Pertumbuhan Penjualan Ritel Di Indonesia. Didapat Dari https://www.ceicdata.com 15 Juni 2021, pukul 10.15 WIB.
Foster, Bob. (2013). Manajemen Ritel. Bandung. Alfabeta.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. UNDIP.
Hanafi dan Hutomo. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Shopping, Dan Promosi Terhadap Implusive Buying. Madiun. Universitas Merdeka Madiun.
Kotler dan Keller. (2013). Marketing Manajemen. Edisi 14. Global Edition. Bandung.
Lupyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta. Salemba Empat.
Paul, Peter J dan Olson. (2013). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi pemasaran. Dialihbahasakan oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Polla, Mananeke, Taroreh. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Manado. Universitas Ratu Langit Manado.
Setiadi, J Nugroho. (2013). Perilaku Konsumen Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta Timur. Prenanda Media.
Soegiarto dan Masreviastuti. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasin Terhadap Keputusan Pembelian Di Alfabeta Mart Malang. Malang. Politeknik Negeri Malang.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. CV Alfabeta
Tjiptono, Fandi. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta. Andi Offset.
Utami. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Oprasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Edisi 3. Selemba Empat. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.33508/jrma.v11i1.1144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.