KEPUTUSAN PEMBELIAN PELATIHAN ONLINE: DARI CONTENT MARKETING MELALUI BRAND AWARENESS
Abstract
Menciptakan daya tarik content marketing dan brand awareness merupakan hal penting dalam memasarkan layanan untuk memudahkan khalayak memahami dan sadar layanan tersebut, sehingga dapat menimbulkan keputusan pembelian. Dapat diperhatikan pada akun Instagram pelatihan online di kelas online dalam membuat content marketing yang menarik untuk menarik konsumen untuk memutuskan pembelian melalui brand awareness pada pelatihan online di kelas online. Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kelas pelatihan online pada followers akun Instagram kelas online. Variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian layanan pelatihan online di kelas online adalah content marketing dan brand awareness. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online. Populasi penelitian ini adalah followers akun Instagram kelas online yang pernah melakukan pembelian pada kelas pelatihan online di kelas online dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Smartpls v.4.0 yang menggunakan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling) merupakan alat uji analisis yang digunakan. Penelitian ini menyatakan bahwa content marketing memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, kinerja content marketing berpengaruh signfikan pada variabel brand awareness, brand awareness berpengaruh mempengaruhi keputusan pembelian, dan variabel content marketing mempengaruhi keputusan pembelian melalui variabel brand awareness.
The importance of creating Content marketing appeal and creating brand awareness in marketing services to make it easier for audiences understand and aware of these services, so can lead to purchasing decisions. This study aims to examine and analyze the factors that influence purchasing decisions for online training classes on kelas online Instagram account followers. The factors that influence the decision to buy online training services at kelas online are content marketing and brand awareness. The method this research is associative quantitative research method. The data collection technique in this study is to use questionnaires and documentation. The research data was obtained by distributing questionnaires online. The population in this study were followers of kelas online Instagram account who had made purchases at bootcamp classes at kelas online and the sample was taken using purposive sampling. The analytical test tool used is SmartPLS v.4.0 with the SEM (Structural Equation Modeling) analysis method. The results of the study show that content marketing has a significant effect on purchasing decisions, content marketing performance has a positive effect on brand awareness, brand awareness has a significant effect on purchasing decisions, and content marketing has a significant effect on purchasing decisions through brand awareness.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2023). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M. U., & Kazi, A. G. (2019). Impact of Brand Awareness and Social Media Content Marketing on Consumer Purchase Decision. Journal of Public Value and Administrative Insight, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31580/jpvai.v2i2.896
Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 178–190. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i4.23
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. In Vectors. https://doi.org/10.1016/j.ijpharm.2011.02.019
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105–126. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331
Kotler, P. (2021). Manajemen Pemasaran. CV. Budi Utama.
Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Lengkong, A. P., Pio, R. J., & Mangindaan, J. V. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Pakaian H.A.R.V Official di Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 11(2), 61–68.
Maola, I., & Luthfi, H. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing Terhadap Brand Awareness Pada Layanan PT. Sasana Solusi Digital (Studi Kasus Instagram@ Marketingstudio. Id) Tahun 2022. EProceedings of Applied Science, 8(5), 435–440.
Nur Aziz Sugiharto, F. A. R. (2022). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN CONTENT REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHOPEE (Survey. 12(September).
Oisina, I. V. S. (2021). Pengaruh Daya Tarik Content Marketing Dan Content Riview Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Akun @msglowbeauty). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, IV(II), 265–276. http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/view/1846
Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content Marketing terhadap Pembentukan Brand Awareness pada Kalbis Institute. Jurnal Media Kom, VIII(2), 45–57.
Prayoga, I., & Mulyadi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 73–91.
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690
Rizkia Azzahra Hendrawan, & Yulianti. (2022). Hubungan Content Marketing Bittersweet By Najla dengan Keputusan Pembelian Followers. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 22–27. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.814
Rosyadi, A. (2021). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Minat Beli Melalui Brand Awareness. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18(2), 20–31.
Shadrina, N. R., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Sitompul, S. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 50–64. https://doi.org/10.37567/shar-e.v7i1.402
Sofyan, M., Rulandari, N., & Sari, Y. (2021). Analisis Proses Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Mall Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 26(3), 306–315. https://doi.org/10.35760/eb.2021.v26i3.4019
Solling, H. R., & Anwar, S. M. (n.d.). Structural Equation Modeling (SEM) (Abiratno, S. Nurdiyanti, & A. D. Raksanagara (eds.); 1st ed.). PT Inkubator Penulis Indonesia (Institut.
Sudigdo, A., & Taufik, T. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Lembaga Kursus Bahasa Sentra Lingua Depok. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(3), 177. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i3.473
Upadana, M. wahyu K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1921. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p14
Vildayanti, R. A. (2019). Analisis Strategi Brand Awareness (Top Of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, Unaware Of Brand) Sepeda Motor Piaggio Vespa Di Jakarta. Relasi : Jurnal Ekonomi, 15(1), 113–134. https://doi.org/10.31967/relasi.v15i1.304
Wayan, N., & Pinaria, C. (2023). Strategi Pemasaran Konten Melalui Media Sosial Instagram di Bali Coconut House. 5(1), 56–66.
YAZGAN PEKTAS, S., & HASSAN, A. (2020). The Effect of Digital Content Marketing on Tourists’ Purchase Intention. Journal of Tourismology, 6(1), 79–88. https://doi.org/10.26650/jot.2020.6.1.0011
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
DOI: https://doi.org/10.33508/jrma.v11i3.1254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.