ELEMEN EKUITAS MEREK DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP

Deby Susanti Sudarsono, Dyah Kurniawati

Abstract


Penelitian ini dilatar-belakangi oleh ketatnya persaingan di industri personal computer (termasuk laptop) yang semakin kompetitif. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh dari elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian laptop Acer. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Madiun yang menggunakan laptop merek Acer dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dari hasil penelitian menunjukkan kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti bahwa ekuitas merek dapat memberikan dorongan bagi seseroang untuk melakukan keputusan pembelian suatu barang tertentu.

Keywords


keputusan pembelian; kesadaran merek; persepsi kualitas; asosiasi merek; loyalitas merek

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/jrma.v1i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.