PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PEMANASAN GLOBAL MELALUI PENDEKATAN TEACHING AT RIGHT LEVEL PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 19 SURABAYA

Rizky Maulidina Mahfi, Nana Petty Puspitasari, Elisabeth Pratidhina

Abstract


Untuk mengoptimalkan hasil belajar, pembelajaran perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter peserta didik. Teaching at the Right Level (TaRL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran dengan mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuan peserta didik tidak mengacu pada tingkatan kelas sehingga peserta didik dapat belajar sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya. Adapun terdapat 3 langkah dalam menerapkan Teaching at the Right Level (TaRL) yaitu assessment, grouping, dan foundational skills. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 di kelas X-5 SMAN 19 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 34 peserta didik. Berdasarkan analisis ketuntasan klasikal, hasil belajar peserta didik pada Siklus I yaitu 64% naik menjadi 82% pada Siklus II. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-5 SMA Negeri 19 Surabaya pada materi Pemanasan Global.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.