PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI WORDWALL DI KELAS VII SMPN 2 GEDANGAN TAHUN AKADEMIK 2022/2023

Endah Purwaningsih, Santi Cahya Kartika Rini, Basilius Himawan Setyo Wibowo

Abstract


Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang perlu dikuasai dengan baik oleh pelajar di Indonesia. Salah satu keterampilan penting dalam bahasa Inggris adalah keterampilan berbicara. Berbicara merupakan keterampilan produktif karena menghasilkan ide, pesan, dan saran dan perlu kita praktikkan. Selain itu, berbicara merupakan salah satu bagian dari empat keterampilan bahasa Inggris yang harus dikuasai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui media pembelajaran Wordwall. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di VII-K SMPN 2 Gedangan. Jumlah siswa dalam kelas tersebut adalah 37 siswa. Siswa perempuan berjumlah 20 orang. Siswa laki-laki berjumlah 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kemajuan keterampilan yang dimiliki siswa dari pretest hingga posttest terjadi secara signifikan. Para siswa benar-benar belajar keras untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Mereka bersemangat dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga bersemangat belajar dengan menggunakan Wordwall karena merupakan sesuatu yang baru bagi mereka.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.