PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PROSEDUR MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada materi teks prosedur dengan menggunakan media pembelajaran gambar berseri. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah tes, kuesioner, lembar observasi, dan dokumen. Seluruh data yang didapatkan pada penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BDP III SMK Negeri 10 Surabaya yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca siswa yang didukung dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa di tiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 mencapai 27 siswa atau sama dengan 79,41% dari keseluruhan siswa di kelas dan meningkat pada siklus II yang mencapai 31 siswa atau sama dengan 91,18% dari keseluruhan siswa. Rata-rata nilai pada tiap siklus turut meningkat yakni mencapai 77,53 pada siklus I dan 82,23 pada siklus II. Penggunaan gambar berseri mempermudah dalam memprediksi arti dari tiap kalimat pada teks, sehingga membantu siswa dalam memahami teks. Kemudian minat dan motivasi belajar siswa juga meningkat. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dipaparkan dapat dilihat bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Kata kunci: Gambar Berseri, Keterampilan Membaca, Teks Prosedur
Refbacks
- There are currently no refbacks.