PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME (QUIZIZZ PAPER MODE) UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 1 SEDATI
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks deskripsi peserta didik kelas VII di SMPN 1 Sedati melalui penerapan pembelajaran berbasis game (Quizizz Paper Mode). Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas VII-2 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklus terdapat empat kegiatan utama, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah dicapainya nilai tes setinggi 80, yang merupakan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM, oleh lebih 70% peserta didik. Capaian ini menunjukkan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan pemahaman membaca peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil post-test siklus 2 yang meningkat dibandingkan dengan persentase ketuntasan hasil pre-test dan hasil post-test siklus 1. Kemudian, jumlah peserta didik yang mencapai nilai KKM pada siklus 2 memiliki persentase 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis game (Quizizz Paper Mode) mampu meningkatkan pemahaman membaca peserta didik kelas VII di SMPN 1 Sedati. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Game; Pemahaman Membaca
Refbacks
- There are currently no refbacks.