PENERAPAN METODE TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VII-A DI UPT SMP NEGERI 3 GRESIK

Nur Musa’arah, Suci Handayani, Davy Budiono

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis penerapan metode talking chips untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII-A UPT SMP Negeri 3 Gresik dalam kelas Bahasa Inggris. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian didesain dalam dua siklus dan efektifitasnya diukur melalui jumlah penggunaan talking chips, poin chips yang didapat, hasil observasi, dan hasil emoji meter. Data yang didapatkan dari siklus 1 kemudian direfleksikan dan dilakukan rencana perbaikan dan tindak lanjut pada siklus 2. Pada siklus 1 diterapkan metode talking chips dan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar. Dari penerapan tersebut, diperoleh data penggunaan talking chips dan perolehan poin chips meningkat dari pertemuan pertama menuju pertemuan kedua dan semua siswa dapat mencapai ketuntasan. Akan tetapi, masih didapati bahwa kelas masih kurang kondusif. Sehingga dilakukan perbaikan pada siklus kedua yaitu dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar siswa. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan talking chips dan perolehan poin siswa meningkat pesat, seluruh siswa dapat mencapai batas tuntas yang diberikan, dan kelas terlihat kondusif pada pertemuan terakhir. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode talking chips dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam kelas Bahasa Inggris. Selain itu, penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dapat menciptakan kelas yang lebih kondusif. Kata Kunci : talking chips, pembelajaran berdiferensiasi, dan kemampuan berbicara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.