PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS XI IPA1 SMA KATOLIK ST. BONAVENTURA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Natalia Desi Subekti, Agnes Adhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa, hasil belajar, dan ketuntasan hasil belajar membaca pemahaman dengan penerapan metode SQ3R pada siswa kelas XI IPA1 SMA Katolik St. Bonaventura Madiun Tahun Pelajaran 2017 -2018. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas terhadap 18 siswa pada dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2018 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2018 dengan kolaborator Martinus Soeharto, S.S. selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Katolik St. Bonaventura Madiun dan saudara Makerius Frangky UN teman sejawat. Hasil penelitian (1) keaktifan siklus I sebesar 47,2% menjadi 87,5% pada siklus II, (2) hasil belajar siklus I 50% meningkat menjadi 94,4% pada siklus II dan (3) ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 71,1 menjadi 84,7 pada siklus II

 

Kata kunci: keaktifan siswa, hasil belajar, ketuntasan belajar, membaca pemahaman, metode SQ3R.


Full Text:

63-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.