THE SUCCESS OF CONSELLING REVIEWED OF STUDENTS’ INTEREST FOLLOWING THE CONSELLING PROCESS AND VERBAL COMMUNICATION SKILLS

Martina Winarti, Fransisca Mudjijanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Keberhasilan Konseling ditinjau dari minat siswa mengikuti proses konseling dan keterampilan komunikasi verbal konselor. Populasi dalam penelitian ini siswa adalah 54 siswa SMAN 1 Wungu yang pernah mengikuti proses konseling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penulis adalah Sampling Jenuh. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala keberhasilan konseling, skala minat siswa mengikuti proses konseling dan skala keterampilan komunikasi verbal konselor.

Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu:1) Hipotesis minor pertama yang berbunyi: minat siswa mengikuti proses konseling berpengaruh terhadap keberhasilan konseling, 2) Hipotesis minor kedua yang berbunyi: minat siswa mengikuti proses konseling, 3) Hipotesis mayor berbunyi: Minat siswa mengikuti proses konseling dan keterampilan komunikasi verbal konselor berpengaruh terhadap keberhasilan konseling.

Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Dari Hasil analisis persamaan garis regresi Y=51.357 + 0.325 + 0.109. Hasil uji hipotesis selanjutnya menunjukkan bahwa: 1) minat siswa mengikuti proses konseling berpengaruh terhadap keberhasilan konseling, terbukti t hit= 2,517 > t tabe l=

1,674, 2) keterampilan komunikasi verbal konselor berpengaruh terhadap keberhasilan konseling ditolak, terbukti t hit=1,122< t tabel=1,674, 3) minat siswa mengikuti proses konseling dan keterampilan komunikasi verbal konselor berpengaruh terhadap keberhasilan konseling, terbukti F hit= 4,037 >F tabel=3,17.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) hipotesis minor pertama  diterima.  2)  hipotesis  minor kedua ditolak 3) hipotesis  mayor diterima.

 

Kata kunci: Minat siswa mengikuti proses konseling, Keterampilan komunikasi verbal konselor, Keberhasilan konseling

Full Text:

123-146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.