STUDI KOMPARASI KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA YANG MENJADI PENGURUS OSIS DAN SISWA YANG TIDAK MENJADI PENGURUS OSIS

Dewi Suryanti, Fransisca Mudjijanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi siswa yang menjadi pengurus OSIS dan siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS. Sampel penelitian adalah siswa  kelas X dan XI SMA Negeri 1 Wungu tahun ajaran 2019/2020 yang diambil 32 siswa yang menjadi pengurus OSIS dan 32 siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive. Instrument pengumpul data adalah skala keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis uji  hipotesis  H1   yang berbunyi ada perbedaan keterampilan komunikasi siswa yang menjadi pengurus OSIS dan siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS diterima. Dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (4,315>1,669).

 

Kata kunci: keterampilan komunikasi, pegurus OSIS, tidak menjadi pegurus OSIS



Full Text:

PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.