UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

Susi Widowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan  pada Tahun Ajaran 2011/2012  semester II kelas VII SMP Negeri 14 Madiun dengan  subyek  penelitian  siswa  kelas  VIIE.  Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I mempunyai persentase siswa yang aktif sebesar 70, 10%, siklus II mempunyai persentase siswa yang aktif sebesar  64, 97%,  siklus  III  mempunyai  persentase  siswa  yang  aktif  sebesar 70, 20%.
  2. Hasil tes prestasi belajar matematika siswa pada siklus I mempunyai nilai rata- rata  tes  sebesar   49,23   dengan  persentase   ketuntasan   33,33%,   siklus  II mempunyai   nilai  rata-rata   tes  sebesar   51  dengan  persentase   ketuntasan 23,08%,  dan siklus  III mempunyai  nilai rata-rata  tes sebesar  46,67 dengan persentase ketuntasan 53,33%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments