UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SMAK St. BONAVENTURA MADIUN

Epi Jiem Pania, Gregoria Ariyanti

Abstract


Berdasarkan pengalaman peneliti selama melaksanakan program pengalaman lapangan di SMAK St. Bonaventura Madiun kelas XI IPA 1 terdapat permasalahan yang dialami siswa yaitu: siswa masih kebingungan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan membuat gambar, siswa kurang teliti saat menyelesaikan soal dan tidak menggunakan langkah-langkah penyelesaian soal, permasalahan tersebut merupakan permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Sharepada siswa kelas XII IPA 1 di SMAK St. Bonaventura Madiun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Berdasarkan pelaksanaan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:Hasil rata-rata nilai tes peserta didik siklus I diperoleh 67 dengan kategori cukup baik dan siklus II diperoleh 75,95 dengan kategori baik. Presentase ketuntasan kelas siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 47,05% dan siklus II sebesar 66,67%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan representasi matematis siswa mengalami peningkatan namun belum mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan.Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Sharemampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa namun belum optimal.


Keywords


Kemampuan Representasi Matematis; Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share; Kegiatan Belajar Mengajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.