EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Matea Suriantini, Resty Rahajeng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik berbasis Quantum Teaching lebih baik dibandingkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII SMPN 14 Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment Design dengan desain The Nonquivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling menghasilkan 2 kelas yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa sedangkan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa tahun ajaran 2018/2019. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian kemampuan menyelesaikan soal cerita sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata tes kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik berbasis Quantum Teaching sebesar 39,583 sedangkan nilai rata-rata tes kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik sebesar 27,833. (2) Dari skor data postes dikurangi pretes kemampuan menyelesaikan soal cerita diuji normalitas pada kelas eksperimen dengan nilai Lobs = 0,086 dan Ltabel = 0,1681 sedangkan kelas kontrol dengan nilai Lobs = 0,008 dan Ltabel = 0,173. Dari hasil tersebut Lobs DK. (3) Pengujian hipotesis menggunakan uji dengan taraf nyata 0,05 dan diperoleh nilai t = 2,136 maka H0 ditolak. Dengan demikian sesuai dengan hipotesis penelitian, sehingga pembelajaran pendekatan saintifik berbasis Quantum Teaching lebih baik dari pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik

Keywords


Quantum Teaching; Soal Cerita; Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.